Sabtu, 03 Desember 2011

DASAR PEMASARAN : PENGELOLAAN PRODUK DAN PENGEMBANGAN PRODUK BARU

NAMA    : Taufan Arief Alamsyah
NPM       : 17211036
KELAS     : 1EA01

A.ARTI PRODUK BAGI KONSUMEN

 

















B.KONSEP TENTANG BARANG DAN JASA DALAM PEMASARAN





C.PENDEKATAN-PENDEKATAN UNTUK MENGGOLONGKAN PRODUK


Salah satu strategi untuk menentukan jadwal produksi adalah membuat penggolongan produk. Pada umumnya penggolongan produk dibagi 3, yaitu:
 





















   Penggolongan produk di atas mengacu pada tingkat pergerakan tiap produk yang dievaluasi pada kurun waktu tertentu, misalnya setiap 6 bulan sekali. Dengan evaluasi berkala itu maka kita akan tahu produk-produk apa saja yang frekuensi permintaannya tinggi dalam kurun waktu 6 bulan.

    Misalnya rata-rata hasil produksi produk X dalam 6 bulan terakhir adalah 2.000 pcs, produk Y 500 pcs dan produk Z 50 pcs. Dari angka tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa produk X (fast), produk Y (medium) dan produk Z (slow).

    Setelah penggolongan tersebut, maka langkah selanjutnya adalah mengurutkan ketersediaan stok ketiga produk tersebut di gudang in proses atau gudang finish good. Produk yang menjadi prioritas produksi adalah yang kuantitas stok dibawah buffer stok yang telah ditetapkan.

    Namun demikian jika buffer stok produk x, y dan z sama-sama berada di bawah jumlah buffer yang ditetapkan, kita sebaiknya mendahulukan produk x karena produk tersebut termasuk fast moving.


 D.STRATEGI PEMASARAN PRODUK KONSUMEN DAN PRODUK INDUSTRI

 * Lima konsep dasar pengembangan strategi pemasaran















  





























































E. Pengendalian pengembangan produk
Bauran produk adalah rangkaian semua produk dan unit produk yang ditawarkan suatu penjual tertentu pada pembeli.
Beberapa contoh  dimenasi bauran produk untuk mendifinisikan strategi produk perusahaan :
1..Lebar : sampai dimana lini produk utamanya. Dalam hal ini produk perawatan rambut, perawatan kesehatan, minuman ringan dsb.
2.Panjang : sampai dimana kita dapat menghitung panjang rata-rata suatu lini.

SUMBER :   http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/1233/1/manajemen- arlina%20lbs3.pdf
http://majidbsz.wordpress.com/2008/06/30/pengertian-konsep-definisi-pemasaran/
http://id.shvoong.com/business-management/marketing/1911804-definisi-produk/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar