Rabu, 05 Oktober 2011

Dasar pemasaran: peranan pemasaran dalam perusahaan dan masyarakat


NAMA   : Taufan Arief Alamsyah
NPM      :17211036
KELAS    : 1EA01

PENGERTIAN PEMASARAN
   Pemasaran adalah suatu aktivitas ativitas yang saling berhubungan satu konsumen dan mengembangkan promosi,distribusi,pelayanan dan harga agar kebutuhan konsumen terpuaskan dengan baik.
   inti dari pengertian pemasaran berkaitan dengan jenjang manajerialnya,diantaranya yaitu jenjang korporet,jenjang unit bisnis strategik dan jenjang oprasiaonal atau fungsional.perusahaan yang berhasil yaitu perusahaan yang memfokuskan pada pemasarannya.
PERAN PEMASARAN DALAM PERUSAHAAN
•           Berorientasi kepada pelanggan eksternal
•           Memberi kepuasan konsumen melalui produk-produk  yang dipasarkan di     perusahaan
•           mempromosikan penjualan yang intensif agar mampu mempengaruhi konsumen untuk  membeli,sehingga penjualan dapat meningkat
•           Menjual produk-produk yang berkualitas

PERAN PEMASARAN DALAM MASYARAKAT
•           Menyebarkan dan membangun kualitas hidup masyarakat
•           menyeimbangkan antara permintaan masyarakat konsumen dan penawaran masyarakat produsen
•           Mampu melancarkan arus atau pendistribusian barang dari masyarakat produsen kepada masyarakat  onsumen secara lebih efektif

FILOSOFI KONSEP PEMASARAN
membantu perusahaan mencapai tujuannya dengan mengutamakan kepuasan konsumen melalui koordinasi dan integrasi antara bidang pemasaran dengan bidang kegiatan lainnya.

FUNGSI PEMASARAN

   Fungsi pemasaran adalah kegiatan utama yang khusus dilaksanakan untuk menyelesaikan proses pemasaran

Fungsi pemasaran di bagi menjadi 3 bagian:

1.fungsi pertukaran
     Dengan pemasaran pembeli dapat membeli produk dari produsen baik dengan menukar uang dengan produk maupun pertukaran produk dengan produk (barter) untuk dipakai sendiri atau untuk dijual kembali.
Fungsi pemaran dibagi 2:
penjualan
•pembelian

2.fungsi pengadaan secara fisik
Distribusi fisik suatu produk dilakukan dengan cara mengangkut serta menyimpan produk. Produk diangkut dari produsen mendekati kebutuhan konsumen dengan banyak cara baik melalui air, darat, udara, dsb. Penyimpanan produk mengedepankan menjaga pasokan produk agar tidak kekurangan saat dibutuhkan.            
 fungsi pengadaan secara fisik dibagi:
                •pengangkutan
    •penyimpanan

3.fungsi pelancar
            Untuk menyampaikan produk dari tangan produsen ke tangan konsumen dapat dilakukan pelalui perantara pemasaran yang menghubungkan aktivitas pertukaran dengan distribusi fisik. Aktivitas fungsi perantara antara lain seperti pengurangan resiko, pembiayaan, pencarian informasi serta standarisasi / penggolongan produk.
fungsi pelancar dibagi 4 bagian:
                                •pembiayaan
                                •Penanggung resiko
                                •informasi pasar
                                Standarisasi dan Grading


Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar