Kamis, 10 November 2011

ILMU BUDAYA DASAR : MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

 MANUSIA DAN KEBUDAYAAN


NAMA   : Taufan Arief Alamsyah
NPM      :17211036
KELAS    : 1EA01
   Antara manusia dan kebudayaan terjalin hubungan yang sangat erat, sebagaimana yang diungkapkan oleh Dick Hartoko bahwa manusia menjadi manusia merupakan kebudayaan.
   Hampir semua tindakan manusia itu merupakan kebudayaan. Hanya tindakan yang sifatnya naluriah saja yang bukan merupakan kebudayaan, tetapi tindakan demikian prosentasenya sangat kecil. Tindakan yang berupa kebudayaan tersebut dibiasakan dengan cara belajar. Terdapat beberapa proses belajar kebudayaan yaitu proses internalisasi, sosialisasi dan enkulturasi.
   Selanjutnya hubungan antara manusia dengan kebudayaan juga dapat dilihat dari kedudukan manusia tersebut terhadap kebudayaan. Manusia mempunyai empat kedudukan terhadap kebudayaan yaitu sebagai ;
1) penganut kebudayaan,
2) pembawa kebudayaan,
3) manipulator kebudayaan, dan
4) pencipta kebudayaan.
Pembentukan kebudayaan dikarenakan manusia dihadapkan pada persoalan yang meminta pemecahan dan penyelesaian. Dalam rangka survive maka manusia harus mampu memenuhi apa yang menjadi kebutuhannya sehingga manusia melakukan berbagai cara.
Hal yang dilakukan oleh manusia inilah kebudayaan. Kebudayaan yang digunakan manusia dalam menyelesaikan masalah-masalahnya bisa kita sebut sebagai WAY OF LIFE, yang digunakan individu sebagai pedoman dalam bertingkah laku.


MANUSIA
 

   Manusia diciptakan oleh Tuhan sebagai makhluk hidup yang paling sempurna, melebihi ciptaan Tuhan yang lain. Manusia terdiri dari jiwa dan raga yang dilengkapi dengan akal pikiran serta hawa nafsu. Tuhan menanamkan akal dan pikiran kepada manusia agar dapat digunakan untuk kebaikan mereka masing – masing dan untuk orang di sekitar mereka. Manusia diberikan hawa nafsu agar mampu tetap hidup di bumi ini.
   Manusia diturunkan ke bumi oleh Tuhan agar dapat menjadi khalifah dan pemimpin. Menghuni bumi yang kita tinggali sekarang ini untuk melanjutkan hidup sebelum kembali kepada-Nya. Salah satu hakekat manusia lainnya ialah manusia sebagai makhluk sosial, hidup berdampingan satu sama lain, berinteraksi dan saling berbagi.


MANUSIA DIPANDANG DARI SEGI ILMU EKSAKTA


●Manusia adalah kumpulan dari partikel-partikel atom yang membentuk jaringan sistem yang dimiliki oleh manusia ( ilmu kimia ).

●Manusia merupakan kumpulan dari berbagai sistem fisik yang saling terkait satu sama lain dan merupakan kumpulan dari energi ( ilmu fisika )
●Manusia merupakan mahluk biologis yang tergolong dalam golongan mahluk mamalia ( biologi )   MANUSIA DIPANDANG DARI SEGI ILMU SOSIAL ●manusia merupakan mahluk yang ingin memperoleh keuntungan atu selalu memperhitungkan setiap kegiatan, sering disebut homo economicus ( ilmu ekonomi ). ●Manusia merupakan mahluk sosial yang tidak dapat berdiri sendiri ( sosiologi ), ●mahluk yang selalu ingin mempunyai kekuasaan ( politik )   KEBUDAYAAN     
Kebudayaan adalah suatu proses interaksi individu yang telah dibuat oleh manusia. Komunitas budaya itu sendiri sangat beragam-ragam terutama di Indonesia yang sangat banyak aneka ragam budaya Indonesia yang berbeda.    Kebudayaan wujud pembuktian bahwa suatu kelompok adalah adanya saling memahami terhadap budaya lainnya termasuk budayanya sendiri. Hal yang harus dilakukan agar itu tetap terjaga adalah sebagai generasi penurus nenek moyang kita. Kita harus bisa memahami arti budaya terlebih dahulu bila kita, pahamilah dengan rasa sayang dan bangga terhadap budaya kita sendiri bila itu dilakukan pasti sangat mudah untuk dipahami lalu kembangkanlah budaya tersebut  dengan ide-ide yang menjadikan budaya tersebut semakin baik dimata masyarakat dan harus terima kritikan apapun sehingga bersedia menjadi lebih baik. Hal penting untuk menjaga budaya sendiri adalah dengan tidak mudah terpengaruh dengan budaya-budaya lain yang membuat budaya tersebut hilang. Agar tidak mudah terpengaruh kita harus memperhatikan maksud dan tujuan budaya lain masuk dilingkungan budaya kita.  *SUMBER :
                       dhikahermawan007.wordpress.com                     
                       mulya.ngeblogs.com
                       https://whaysworld.wordpress.com/2011/06/10/manusia-dan-kebudayaan-2/
                       http://www.anneahira.com/masyarakat-dan-kebudayaan.htm
                       http://drajat45freeman.wordpress.com/2011/04/03/manusia-dan-kebudayaan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar